Contoh Ceramah Kultum Tentang Shalat Berjama’ah

Contoh Ceramah Kultum Tentang Shalat Berjama’ah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
>>>>>>>>> Muqaddimah <<<<<<<<<<<
Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.
Seorang muslim senantiasa memperhatikan salatnya, baik syarat dan rukunnya, kekhusukannya maupun jamaahnya. Salat adalah kewajiban seorang muslim yang mesti ditunaikan sebagai bentuk ketundukan dan ketaatan kepada Allah SWT.
 “dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.” (QS. al-Baqarah/2: 43)
Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.
Namun sungguh disayangkan, salat yang sebagai bangunan dasar seorang muslim tersebut sekarang ini tampak rapuh. Salat seakan bukan menjadi bagian pokok dalam kehidupan. Mereka lebih berlomba-lomba dalam urusan dunia, masjid-masjid menjadi kian sepi dan kosong. Bangunannya kian megah namun juga kian sepi dari aktifitas dan jamaah. Padahal jumlah muslim begitu besarnya.
Rasulullah SAW. memberikan peringatan keras kepada mereka yang melalaikan shalat jama’ah. Di antara sabda beliau adalah:
وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهٖ لقَدْ هَمَّمْتُ اَنْ آمُرَ بِخَطْبٍ فَيَحْتَطِبَ ثُمَّ آمُرَ بِالصَّلَاةِ فَيُؤَذِّنَ لَهَا ثُمَّ آمُرَ رَجُلًا فَيَؤُمَّ النَّاسِ، ثُمَّ أُخَالِفَ إِلٰى رِجَالٍ لَا يَشْهَدُوْنَ الصَّلَاةَ فَأُحْرِقَ عَلَيْهِمْ بُيُوْتَهُمْ
“Demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, sungguh aku bertekad untuk menyuruh mengumpulkan kayu bakar, kemudian aku suruh seseorang azan untuk shalat dan seseorang untuk mengimami manusia, kemudian aku pergi kepada orang-orang yang tidak ikut shalat kemudian aku bakar rumah mereka”. (Muttafaqun ‘alaih)
Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.
Banyak terdapat keutamaan dalam shalat berjama’ah. Di antara keutamaan tersebut yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan ini adalah:
•    Allah SWT. melipat gandakan pahalanya sampai dua puluh tujuh derajat. Hal ini berdasarkan sabda Nabi SAW.:
صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ دَرَجَةً
“Shalat berjama’ah itu lebih utama dari shalat sendirian sebanyak dua puluh tujuh derajat”. (Muttafaqun ‘alaih).
Contoh Ceramah Kultum Singkat Tentang Pentingnya Shalat Jama’ah
Contoh Ceramah Kultum Singkat Tentang Pentingnya Shalat Jama’ah
•    Untuk setiap langkah dari orang yang menuju shalat berjama’ah, Allah akan mengangkatnya satu derajat (kemulyaan di akhirat) dan menghapus satu dosanya.
فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ وَأَتَى الْمَسْجِدَ لَايُرِيْدُ إِلَّا الصَّلَاةَ لَمْ يَخْطُ خَطْوَةً إِلَّا رَفَعَهُ اللهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْهُ خَطِيْئَةً حَتّٰى يَدْخُلَ الْمَسْجِدَ
“maka sesungguhnya seseorang dari kalian apabila ia berwudu dengan memperbagus wudunya, lalu ia menuju masjid hanya karena ingin shalat berjama’ah, maka setiap langkah yang ia langkahkan, Allah mengangkat satu derajat kebaikan dan menghapus satu kesalahan sehingga ia memasuki masjid”. (HR. Bukhari).
•    Para malaikat senantiasa memohon rahmat untuknya selama ia masih berada di tempat shalatnya dan belum berhadats. Sebagaimana lanjutan dari hadits tadi:
وَإِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ كَانَ فِيْ صَلَاةٍ مَا كَانَتْ تَحْبِسُهٗ وَتُصَلِّي يَعْنِيْ عَلَيْهِ الْمَلَائِكَةُ مَا دَامَ فِيْ مَجْلِسِهِ الَّذِيْ يُصَلِّي فِيْهِ اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهٗ اَللّٰهُمَّ ارْحَمْهُ مَا لَمْ يُحْدِثْ فِيْهِ
“dan apabila ia memasuki masjid di mana ia shalat, maka para malaikat memohon  rahmat untuknya selama ia masih berada di tempat shalat. Malaikat memohon “Ya Allah, berilah ampunan untuknya, Ya Allah, berilah rahmat untuknya” selama ia belum berhadats”. (HR. Bukhari)
•    Shalat jama’ah adalah sarana bertemu langsung dengan Allah. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, Nabi SAW. bersabda, yang artinya: “Barang siapa ingin bertemu dengan Allah nanti di hari kiamat sebagai seorang muslim, maka hendaklah ia menjaga shalat dan mengerjakannya waktu ia mendengar suara azan”.
•    Shalat berjama’ah juga sebagai sarana untuk tidak dikuasai setan. Sebagaimana sabda Nabi SAW.:
مَا مِنْ ثَلَاثَةٍ فِيْ قَرْيَةِ وَلَا بَدْوٍ لَأ تُقَامُ فِيْهِمُ الصَّلَاةُ إِلَّا قَدِ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمُ الشَّيْطَانُ فَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ فَإِنَّمَا يَأْكُلُ الذِّئْبُ الْقَاصِيَةَ
“Tiada tiga orang pun di sebuah desa atau lembah yang tidak di adakan di sana shalat berjama’ah, melaikan telah nyatalah bahwa setan telah menguasai mereka. Karena itu jagalah shalat jama’ah, sebab srigala hanya memakan kambing yang terpencil dari kawanannya”. (HR. An-Nasa’i)
Demikianlah beberapa hal yang bisa saya sampaikan tentang pentingnya shalat berjamaah. Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang menjaga shalat berjama’ah. Amin.
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا أَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَآئِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Wassalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh.

Tags: