Beranda TUGAS SEKOLAH TEKANAN – MATERI IPA ( FISIKA ) SMP KELAS VIII

TEKANAN – MATERI IPA ( FISIKA ) SMP KELAS VIII

53
0

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TEKANAN

Tekanan yang dialami benda ditentukan oleh luas bidang tekan dan besar gaya yang menekan. Dalam fisika, tekanan didefinisikan sebagai gaya yang bekerja pada suatu bidang per satuan luas bidang tersebut. Permukaan benda yang dikenai gaya dinamakan bidang tekan, sedangkan gaya yang bekeja pada bidang tekan dinamakan gaya tekan. Tekanan jika ditulisakna dalam persamaan matematis seperti berikut:

keterangan;

P = tekanan (Pascal/ N/m2 )

F = gaya tekan ( Newton )

A = luas bidang tekan ( m2 )

Tekanan menggunakan satuan pascal disebabkan untuk menghargai ahli fisika Prancis Blaise Pascal, sebagai penemu hukum Pascal. Penemu alat suntik, kempa hidrolik, penemu kalkulator digital, dan seorang ahli matematika.

TEKANAN ZAT CAIR

Zat cair yang diletakkan dalam sebuah wadah akan terasa berat. Makin berat suatu zat cair maka makin besar pula tekanan yang dirasakan. Tekanan zat cair yang diam disebabkan oleh berat zat cair yang dituangkan dalam wadah dinamakan tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostatis jika dituliskan dalam persamaan matematis seperti berikut:

 

keterangan;

= massa jenis zat cair ( kg/m3)

P = tekanan hidrostatis ( P )

g = percepatan gravitas ( m /s2 )

h = kedalaman ( m)

Hukum utama tekanan hidrostatis menyatakan bahwa tekanan hidrostatis disetiap titik pada bidang datar di dalam zat cair sejenis yang berada dalam keadaan seimbang adalah sama besar. Pernyataan ini menyatakan bahwa  besar tekanan zat tidak dipengaruhi bentuk  bejana yang digunakan untuk menampung zat cair. Hal tersebut jika digambarkan seperti berikut:

Gaya yang menyebabkan tekana  hidrostatis dinamakan gaya hidrostatis. Gaya hidrostatis dituliskan dalam persamaan matematika seperti berikut:

 

Keterangan :

FH = Gaya hidrostatis ( N)

pH = tekanan hidrostatis ( P atau N/m2 )

A = luas bidang tekan ( m2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here