5 AMALAN YANG DISUKAI ALLAH

Di antara amalan tersebut ada amalan yang sangat disukai Allah Swt, sehingga barang siapa yang melakukan amalan tersebut pasti akan mendapat pahala yang besar dan membuat timbangan amal baiknya berat. Berikut beberapa amalan tersebut :

1. Membaca Tahlil (لا إله إلا الله)

Rasulullah Saw mengisahkan bahwa kelak pada hari kiamat akan ada seseorang dari umatku,  diperlihatkan kepadanya catatan 99 dosa (yang telah dia perbuat). Semua catatan dosa miliknya (terbentang) sejauh mata memandang.

Lalu Allah Swt bertanya, “Apa kau mempunyai alasan (atas dosa yang kau perbuat)?” “Tidak, ya Rabb,” jawabnya. Allah berfirman, “Sebenarnya kau punya amal baik (yang tercatat) di data kami. (Ini) hari di mana kau tidak akan terzalimi.”

Lalu dikeluarkan sebuah kartu yang tertulis (dia beramal): La Ilaha Illa Allah. “Hadirkan timbangan (peradilan)-mu!” Dia bertanya, “Apalah arti (satu) kartu ini dibandingkan berlembar-lembar (catatan dosa) ini, ya Rabb?” Allah berfirman, “Kau tak akan terzalimi di sini.”

Baca juga:  5 Amal Saleh yang Terampas Oleh Dunia

Maka, diletakkan lembaran-lembaran (catatan dosa) di satu sisi timbangan dan kartu catatan di sisi timbangan yang lain. Lalu, berlembar-lembar catatan (dosa) itu terangkat dan kartu catatan itu jadi berat. Sungguh tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dari pada nama Allah Swt. (HR Tirmizi).

2. Bertasbih Menyebut Nama Allah Swt.

Ada dua kalimat yang (jika diucapkan) ringan di lisan, berat di timbangan, dan sangat disukai oleh yang Maha Penyayang. Dua kalimat itu adalah Subhanaallah al-‘Adzim dan Subhanaallah wa bi Hamdihi. (HR Buhkari dan Muslim)

3. Berzikir Setiap Selesai Shalat Fardu

Berdzikir tasbih, tahmid dan takbir selepas shalat sebenarnya mudah, tapi nyatanya sedikit yang melakukan.

Padahal, Rasulullah Saw telah bersabda, loh,  bahwa barang siapa setiap selesai shalat bertasbih 10 kali, tahmid 10 kali, dan takbir 10 kali hingga jumlah seluruhnya adalah 150 kali (30 x 5 waktu shalat) dalam ucapan, namun (sebenarnya) di dalam timbangan amal menjadi 1500 pahala. (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Abu Daud dan An-Nasa’i)

Baca juga:  5 Keuntungan Belanja di Great Parfum

4. Memiliki Akhlak yang Baik

Pentingnya berakhlak baik sangatlah jelas, karena itulah Allah menjadikan Nabi Muhammad Saw sebagai panutan atau teladan bagi semua umat manusia (al-Ahzab : 21).

Rasulullah Saw pun juga mengatakan bahwa tidak ada yang lebih berat daripada akhlak yang baik, dalam timbangan pada Hari Kiamat. (HR Abu Daud)

5. Mengantar Jenazah hingga Selesai Dikubur

Mengantarkan jenazah sampai selesai dikubur termasuk ibadah fardu kifayah, yaitu ibadah yang bila sudah terwakilkan gugur sudah kewajiban melaksanakannya.

Tags: